Senin, 02 Maret 2015

Berkeliling Indonesia di Taman Nusa, Taman Mini Indonesia di Bali

Kawasan Gianyar Bali memang tidak seterkenal daerah lainnya seperti Kuta atau Seminyak. Namun, ada salah satu tempat wisata baru di Gianyar yang kini tengah menarik banyak perhatian para wisatawan. Tempat wisata di Bali itu bernama Taman Nusa.

Taman Nusa adalah salah satu tempat wisata di Bali yang letaknya di Desa Sidan. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman berkeliling Indonesia layaknya Taman Mini Indonesia yang ada di Jakarta. Pengalaman berkeliling Nusantara tersebut disajikan dalam bentuk rumah adat serta kebudayaan dari daerah tersebut.

TMII Bali ini baru dibuka pada tahun 2013. Meski baru berusia 2 tahun, namun tempat wisata ini kerap menjadi incaran destinasi wisata di Bali. Tempat wisata ini dibangun megah di atas lahan seluas 15 hektar.

Ada hal yang unik dari TMII Bali ini. Hampir seluruh bangunan rumah adat yang ada di sini, dibawa langsung dari tempat asalnya. Namun jika tidak memungkinkan, beberapa rumah dibangun langsung di tempat ini. Akan tetapi, bahan-bahan serta arsitek atau orang yang membuatnya merupakan putera daerah tersebut.
Para pengunjung yang datang ke tempat ini, tak hanya dapat melihat bangunan ini dari luar saja. Karena jika beruntung, Anda bisa mengintip ke dalam bagian rumah dan melihat penghuni rumah tersebut. Tak hanya itu saja. Anda juga akan diajari berbagai keahlian khusus dari daerah seperti tarian daerah, seni musik hingga kesenian tradisional lainnya.

Rencananya, di tempat wisata ini akan didatangkan seniman-seniman yang akan mengisi berbagai acara untuk menarik wisatawan di sini. Selain itu, seniman-seniman tersebut diperuntukkan untuk membantu melestarikan berbagai kebudayaan yang beragam di Indonesia.

Perjalanan memasuki area tempat wisata ini cukup panjang namun seru. Anda akan diajak melihat berbagai perubahan. Mulai dari zaman pra sejarah, zaman perunggu, zaman kerajaan, zaman sekarang hingga masa depan. Cukup menarik bukan?

Untuk bisa menikmati keseruan berkeliling di TMII Bali ini, Anda hanya perlu membayar sebesar 85 ribu Rupiah untuk tiket masuk wisatawan lokal atau 300 ribu Rupiah untuk tiket masuk wisatawan mancanegara. Harga tiket masuk wisatawan mancanegara di tempat wisata di Bali ini memang cukup mahal. Namun harga tersebut merupakan paket dengan tour guide berbahasa Inggris serta welcome drink. Jadi, tunggu apalagi? Ke Bali? Jangan lupa mampir ke Taman Nusa Gianyar Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar